.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Sabtu, 15 Februari 2014

Tas Patchwork Handquilt Pertamaku

Hobby saya memang tidak jauh dari kain, benang dan jarum. Karena yang saya tekuni dan menjadi sumber penghasilan adalah kreasi flanel, saya tidak membutuhkan mesin jahit untuk pengerjaannya.
Nah...sekarang saya tertarik dengan kreasi patchwork dan quilting. Berhubung kalau beli lumayan mahal....jadinya tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri. 

Setelah saya pelajari, ternyata kreasi patchwork dan quilting itu tidak harus menggunakan mesin jahit. Justru kalau yang pengerjaannya dengan jahitan tangan (tanpa mesin) hasil kreasinya lebih unik dan lebih bernilai seni tinggi karena tidak mungkin bisa ada yang sama persis meskipun dengan bahan, motif dan model yang sama. Biasanya teknik handquilting ini lebih banyak dipakai oleh orang Jepang. Sedangkan orang Amerika/Eropa lebih suka menggunakan teknik mesin.

Kenyataan ini makin memantapkan niat saya untuk belajar dan mencoba untuk membuat kreasi patchwork quilting sendiri. Jadilah saya mulai dengan membeli 1 buah buku Craft Jepang, membeli beberapa alat-alatnya seperti jarum khusus patchwork dan quilting, thimble/bidal, benang khusus handquilting, pen khusus quilting dan membeli 2 motif kain. Saya mencoba untuk membuat salah satu project di dalamnya yaitu tas. Karena saya adalah penggemar tas :D

Butuh waktu +/- 10 hari, tapi juga tidak tiap hari mengerjakannya, karena saya juga ada pekerjaan untuk menyelesaikan pesanan-pesanan kreasi flanel. Lumayan sulit untuk pemula seperti saya...hehehe...tapi karena niat yang sudah bulat, lanjut teruuuuussss.......

Menurut saya kesulitan awalnya di proses handquilting nya itu. Jari jemari saya masih kaku, ditambah ada thimble/bidal yang harus saya pakai di beberapa jari saya. Jarak jelujur quilt nya dan ukuran jelujur quilt masih belum bisa sama dan stabil. Tapi ga papa lah....namanya juga pemula hehehe...(menghibur diri sendiri).

Dan....jadinya seperti ini.....


Meskipun saat membuat 1 tas ini butuh perjuangan...tapi ternyata....saya ketagihan untuk membuatnya lagi lho...hahaha...Tunggu kreasi saya selanjutnya ya...:D

Happy crafting, Friends ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar