.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Senin, 12 Maret 2012

Cara Menciptakan Kreasi Flanel yang Unik

Kreasi handmade / kerajinan tangan sumbernya sangat tidak terbatas. Apa saja bisa kita ubah menjadi bentuk yang unik, menarik dan lebih bermanfaat dengan sentuhan kreatifitas kita. Kuncinya, asalkan kita kreatif dan bisa menuangkan ide-ide kita dalam bentuk kreativitas seni akan bisa menghasilkan produk kerajinan yang unik dan menarik.

Kebetulan yang saya tekuni adalah kerajinan dari kain flanel. Mengapa saya menyukai kain flanel? Alasan utamanya karena flanel itu warnanya banyak, menarik, bisa dipadu padankan dan bisa menghasilkan banyak kreasi yang lucu-lucu ^_^

Saya juga suka patchwork, crochet dan kerajinan lainnya, hanya saja saya lebih memilih untuk menekuni flanel sebagai awal kiprah saya di dunia handmade karena pengerjaannya relatif paling mudah, bisa dikerjakan dengan tangan tanpa mesin jahit, bisa dipelajari secara otodidak dan hasil kreasinya sangat tidak terbatas. Menarik bukan??? :)

Cuman yaaa...jujur aja bahwa untuk menghasilkan suatu kreasi yang benar-benar unik, menarik dan bermanfaat itu butuh "meditasi" untuk mendapatkan idenya lho :D Makanya saya bisa dibilang belum terlalu banyak model yang saya tampilkan karena butuh waktu untuk mematangkan produk kreasi saya agar benar-benar bisa diandalkan sebagai produk yang laris manis yang disukai orang lain.

Saya ingin berbagi dengan teman-teman bagaimana cara saya menciptakan suatu kreasi dari nol sampai menjadi produk yang siap jual. Diintip yuk! ^_^

* Langkah Pertama
Saya "meditasi" dulu...bisa dari browsing internet, hunting buku-buku, nonton TV, ngobrol dengan anak-anak, nglamun di tempat tidur, dan lain-lain...hahahaha....sampai saya menemukan ide ya ".....AAHAAAA!!!"

* Langkah Kedua
Saya gambar sketsa dari hasil "meditasi" saya tersebut dalam buku sketsa. Coret sana, coret sini .....sampai saya menemukan sudut yang PAS untuk calon kreasi saya.

* Langkah Ketiga
Saya pecah-pecah hasil sketsa saya tadi menjadi bentuk pola-pola di atas karton, kemudian pola-pola tersebut saya gunting-gunting dan saya beri nama sesuai bagian-bagiannya.

* Langkah Keempat
Saya uji coba pola tersebut dengan menggunting kain-kain flanel sesuai pola dan warna yang saya kehendaki. Lalu saya gunting kainnya dan saya jahit sambil saya pikirkan langkah kerjanya agar menjadi bentuk yang rapi dan sebagus mungkin.

* Langkah Kelima
Biasanya Langkah Keempat tidak bisa sekali jadi, harus diulang paling tidak sampai 3 kali. Barulah jadi lebih terampil dan lebih sempurna.

* Langkah Keenam
Jika sudah didapat hasil yang sesuai dengan harapan saya, barulah saya foto-foto tuh produknya dan saya "patenkan" pola + teknik menjahitnya + spesifikasinya dalam file saya. ^ *

* Langkah Ketujuh
Saya hitung biaya produksinya dengan rumusan versi saya untuk memnentukan harga jualnya. Setelah itu baru saya kemas dan launch...lewat BB, Blog, FB dan dengan tenaga team marketing sukarela anak-anak saya tentunya...hahaha...

* Langkah Kedelapan
Mulai mencatat order-order yang masuk dan siap tempur dengan deadline....hehehe

Begitulah kira-kira cara kerja saya, teman-teman....semoga bisa menjadi inspirasi dan membantu teman-teman untuk menciptakan kreasi yang unik, menarik dan memuaskan! ^_^

1 komentar:

  1. Hai sis, blog dan karya nya bagus ni..
    Kunjungi kembali blog ku ya http://aksesorisflanelku.blogspot.com/
    ありがとう-terima kasih ☺

    BalasHapus