.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Minggu, 29 Januari 2012

Modal Awal Memulai Usaha Flanel

Lagi pengen berbagi ke teman-teman yang mungkin lagi mencari alternatif usaha kreatif apa yang cocok untuk ibu rumah tangga atau mahasiswi. Mungkin apa yang akan saya sampaikan ini bisa menjadi inspirasi ya? Semoga......

Saya termasuk salah satu kategori pengusaha UKM alias Usaha Kurang Modal hehehe....padahal saya pengen dan butuh banget penghasilan tambahan yang multifungsi : bisa dikerjakan di rumah, pekerjaan itu saya sukai, saya bisa tetap dekat dengan keluarga, MODALNYA KECIL TAPI HASILNYA LUMAYAN MENYENANGKAN. Hmmm...semula cukup sulit dan lama juga sih dapet inspirasinya.

Seringkali kita itu tidak menyadari hobi kita itu apa dan apakah hobi itu bisa menghasilkan duit? Padahal sebetulnya hobi itu sudah jelas kelihatan. Makanya seringkali orang-orang yang sudah berhasil, khususnya ibu rumah tangga selalu bilang bahwa bisnisnya sekarang berawal dari hobi atau iseng. Begitu juga dengan saya. Oya, sebelumnya saya mau kasih tips juga nih untuk menemukan apa hobi kita. Kalau kita sendiri sulit menyadari, coba tanya ke suami / anak atau orang-orang terdekat kita lainnya. Biasanya mereka lebih tau karena mereka yang mengamati kegemaran kita sehari-hari. Setelah itu buat daftarnya (kalau kebetulan jawaban mereka beda-beda). Nah, selanjutnya...Anda sendiri yang memutuskan mana yang akan Anda tekuni!

Yup! Saya memulai usaha flanel juga berawal dari hobby dan ketidaksengajaan. Critanya begini nih:

Suatu hari, entah di bulan apa saya lupa, teman-teman anak bungsu saya(TK B) yang ulang tahun hampir tiap hari dalam beberapa minggu di bulan itu selalu ada saja. Saya sampai bingung milih kadonya. Lama-lama tekor juga sih karena sekali belanja kado minimal 25 ribu dapetnya juga cuma yang gitu-gitu aja. Malah kadang-kadang kado yang saya kasih bisa sama dengan goddie bag yang didapat. Hehehe...jadi ga surprise dan jadi malu juga kan?
Dua kali undangan yang pertama saya belikan kado di toko kado. Giliran yang ketiga nih...karena jatah "lain-lain" sudah habis saya mulai cari-cari ide yang bisa saya buat sendiri. Saya ubek-ubek tuh lemari kerja saya akhirnya saya nemuin tuh kain flanel dan perlengkapannya. Sebenernya itu sisa kain flanel yang dah 5 tahun ga terpakai. Soalnya dulu waktu hamil anak saya yang bungsu ini saya hobi banget bikin kreasi-kreasi handmade gitu. Setelah dia lahir, saya lebih banyak ngerjain cross stich (menyulam) karena lagi pengen bikin pigura-pigura kreasi cross stich saya untuk dekorasi rumah kami.

Akhirnya, mulailah saya bikin kreasi boneka Angry Bird. Undangan berikutnya...toples hias Angry Bird. Berikutnya boneka Angry Bird...(Angry Bird mulu ya? boseeennn...). Lanjutttt toples hias model replika cake (toplesnya kebetulan masih punya sisa pas bikin-bikin kue dulu). Naaah....ini dia...akhirnya saya menemukan "keahlian" saya, yaitu TOPLES REPLIKA CAKE FLANEL.

Kebiasaan saya, selalu membuat dokumentasi dari setiap hasil kreasi saya dan saya upload ke Facebook dan profil Blackberry saya. Mulai deh....keliatan responnya...Termasuk juga dari orang tua teman-teman anak saya yang saya kado kreasi flanel saya itu pada nanya, "Bikin sendiri ya?" hmmm...dengan tersipu saya jawab,"iyaaa..."

Jadilah promosi tanpa bayar biaya promosi! hehehe...mulai pesanan mengalir...dan langsung deh saya jadikan bisnis dan saya siapkan semua perlengkapan bisnisnya.

Saat menerima pesanan pertama, stok bahan saya mulai habis dan kurang lengkap lagi, jadilah saya belanja bahan di Pasar Pagi Mangga Dua demi memenuhi order pertama saya. Belanjaannya: kain flanel 8 warna saja (@ 1/4 meter) (maklumlah...UKM kan? hehehe...), pita dan dakron. Cuman abis Rp 58,000.- aja loh....dan itu bisa jadi 3 toples! Lebih malah...cuman karena pesennya 3 ya cukuplah segitu.

Pesanan dibayar melebihi seluruh modal awal (yaaa...netto bisa 2x modal awal gitu deh). Trus dapet pesenan lagi, belanja lagi....dapet lebihan lagi (alias keuntungan...) begitu lah seterusnya sampai sekarang. Puji Tuhan....:)

Begitulah teman-teman pengalaman saya memulai dan merintis usaha flanel saya ini. Nanti di artikel berikutnya saya akan coba kupas lagi ya tips-tipsnya supaya usaha flanel kita eksis dan bagaimana menjadikan kreasi kita best seller dan berkesan bagi pemesan.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi ya! ^_^

Happy felting!!! ^_*

5 komentar:

  1. Thanks Devy, sharingnya, ternyata hobby kalau ditekuni bisa mengahsilkan yaaa, happy felting too. JBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lydia...yup! Pekerjaan yang merupakan hobby apalagi jadi passion kita menurut salah satu ahli keuangan katanya bisa menjadi sumber income yang langgeng lho...walaupun profitnya tidak besar. Krn kita mengerjakannya dengan happy & enjoy! GBU n may lead you to find your passion ^ ^

      Hapus
  2. Ini Bagi yang cari bahan..
    http://larasouvenir.blogspot.com/p/blog-page.html
    murah-murah barangnya..

    BalasHapus
  3. hai devy,,saya juga mau emulai usaha flanel buat cari tambahan penghasilan. bisa membantu cara2 memulai usahanya bagaimana?saya tertarik sekali

    BalasHapus