.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Sabtu, 21 Januari 2012

Nilai Seni Produk Handmade

Cita rasa seni memang sulit ditebak dan tidak bisa dipaksakan. Bahkan bisa dibilang produk-produk karya seni atau kerajinan tangan atau handmade sesungguhnya tidak bisa dinilai dengan uang. Hanya orang-orang yang bisa menghargai nilai seni saja yang bisa menghargai "jerih payah" dan hasil karya seni dengan layak. Contohnya nih, seringkali kalau kita bukan seorang penggemar lukisan, kita pasti berpikir bahwa orang-orang yang mau membeli lukisan dan menjadikannya sebagai salah satu benda koleksinya dengan harga puluhan bahkan ratusan juta sungguh di luar akal sehat, bukan??? Sebaliknya mereka akan mati-matian bilang kalau lukisan tersebut unik, bagus dan suatu mahakarya!!! Nah loh...gimana tuh kalau seperti itu? Tidak hanya lukisan lho, semua benda hasil karya seni sesungguhnya memang sulit dinalar dengan akal biasa karena justru itulah SENINYA!!! Semakin unik, semakin rumit, semakin "tidak biasa" justru semakin mahal!

Pengalaman ini saya dapat sejak saya menekuni bidang handmade. Bahwa walaupun bendanya sama tapi kalau beda pengrajin hasilnya juga tidak mungkin bisa sama. Ibaratnya benar kata pepatah "Lain koki, lain masakan".

Banyak produk kerajinan yang sama persis jenisnya, contohnya kreasi flanel. Membuat boneka yang sama persis dengan tutorialnya, bahan sama, warna sama, pola sama tapi beda tangan yang jahit...hasilnya pun pasti beda! Itulah uniknya karya seni!

Tidak ada seorang pengrajin pun yang bisa meng-klaim bahwa hasil karya dia yang terbaik...karena pada dasarnya masih banyak yang sebaik dia dan malah lebih baik dari dia.

Manusia pada dasarnya adalah ciptaan Tuhan yang paling mulia dan unik. Talentanya pun juga unik dan berbeda. Maka PeDe aja dengan kreasi-kreasi kita. Teruslah berkreasi, jadilah kreatif dan inovatif, dan mulailah dari diri sendiri yang bisa menghargai hasil karya sendiri agar orang lain juga nantinya bisa menghargai hasil karya kita.

Semoga bermanfaat ya untuk memompa semangat dan percaya diri teman-teman termasuk saya sendiri...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar