.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Jumat, 29 April 2016

Handmade Apa yang Paling Gampang?

Sekedar berbagi ya, temans....sebagai crafter dan penyuka handmade products jujur saja saya selalu antusias atau bahasa gaulnya "pengenan" untuk coba-coba handmade ini dan itu. Apalagi kadang kejenuhan dengan pekerjaan sendiri, saat melihat galeri crafter lain bikin kita pengen coba bikin juga. Tidak ada yang salah, karena inspirasi memang diperlukan oleh para crafter, yang penting boleh terinspirasi tapi tidak boleh menjiplak. Sepertinya memang tidak mungkin terjiplak sih...walaupun dengan pola yang sama, karena tangannya beda. That's the unique of handmade things!

Awal saya menekuni kreasi flanel. Kemudian mulai belajar merajut teknik crochet. Lalu belajar patchwork. Langsung nyambung belajar jahit pakai mesin. Sejauh ini memang masih on the track sih...masih berhubungan dengan jahit menjahit, benang dan kain. Untuk kreasinya karena saya sukanya tas jadi mayoritas memang tas, pouch dan dompet. 

Lalu apa hasilnya?
Hasilnya setelah saya coba semuanya itu saya merasakan keunikan, keseruan yang berbeda dari setiap jenis craft tersebut. 

Apa saja?
Flanel, paling mudah, murah dan ceria...karena warna warni dan hasilnya lebih ke arah untuk anak-anak atau hiasan-hiasan yang sifatnya fantasi, jadi ya seru aja!
Merajut, paling simple karena hanya perlu bawa 1 dompet ajaib berisi alat rajut, gunting dan jarum serta benang rajut kita bisa bikin project yang kita sukai. Kelebihan lainnya, karena peralatannya simple jadi bisa dibawa ke manapun. Begitu ada kesempatan senggang bisa tuh sambil ngerjain rajutan. hehehe....
Patchwork, paling ribet dan repot menurut saya, hehehe...makanya kenapa harga kreasi patchwork itu cukup mahal karena selain bikinnya juga repot, alat-alatnya juga banyak dan mahal-mahal hehehe...
Jahit menjahit dengan mesin, seru..tapi ya pastinya lumayan repot karena harus siapin mesin jahit, butuh listrik yang sebaiknya tidak suka padam, pasang sekoci, dll belum lagi setelah jahit harus beresin serpihan-serpihan serat kain dan benang.

Trus apa donk yang paling gampang?
Dari ulasan saya di atas sudah pasti jawabannya kreasi flanel. Tapi bagi saya pribadi selain itu merajut dengan teknik crochet juga gampang. Menurut saya lebih gampang daripada knitting sih. Pernah saya coba teknik knitting, bisa sih bisa...tapi koq sepertinya jiwa saya lebih ke crochet. Karena crochet motifnya lebih banyak, benangnya lebih variatif, ngerjainnya lebih simple karena hanya perlu 1 alat hakken. Kalau knitting kan butuh sepasang. Harga alatnya juga relatif lebih murah crochet.

Ya...begitulah temans...setidaknya itu yang saya alami dan rasakan :D Tapi pastinya setiap orang berbeda ya...kan tergantung kesukaan...hehehe...yang jelas all handmade itu seru!!! Yuk dicoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar