.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Jumat, 21 Desember 2012

Hello Kitty dan My Melody dari Flanel

Berkreasi dengan flanel itu tidak ada matinya. Apa saja bisa kita hasilkan dari kain flanel warna-warni. Mungkin karena warnanya yang cerah ceria membuat apapun kreasi yang dihasilkan akan selalu menarik. Apalagi ada sentuhan tusuk-tusuk hias yang menambah kesan "handmade" banget.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang suka duka saya mengerjakan kreasi boneka mini Hellokitty dan My Melody dari flanel. Bukan berupa tutorial sih...tapi lebih ke detailnya.

Membuat kreasi berbentuk boneka apalagi boneka karakter yang sudah terkenal seperti Hellokitty, My Melody, Doraemon, dll harus cermat. Mengapa? Karena mereka punya hak paten yang sudah jelas bentuknya sehingga kita tidak boleh mengubah bentuk dari karakter tersebut. Aneh dan gemesin kalau ada boneka Hellokitty tapi wajahnya belepotan bentuknya...atau Doraemon tapi kurus...hehehe


Saat saya mengerjakan boneka Hellokitty dan My Melody ini, tidak bisa secepat mengerjakan kreasi ciptaan saya sendiri. Semuanya serba detail.

Apa saja yang harus kita perhatikan?


1. Polanya harus semirip dan seproporsional mungkin dengan aslinya.

2. Menggunting pola pada kain flanel juga harus serapi mungkin agar tidak mengubah bentuk polanya.

3. Menjahitnya juga harus serapi mungkin supaya saat diisi dakron bentuknya juga tetap proporsional.

4. Mengisi dakron juga harus pas supaya tetap proporsional bentuknya, tidak gendut dan tidak kurus :D

5. Menggunting mata dan hidung....menurut saya...ini yang tersulit. Karena selain kecil banget, bentuknya juga harus sesuai, proporsional dan sama antara kiri dan kanan (terutama mata).

Itulah mengapa meskipun ukurannya kecil, tidak bisa dihitung rupiahnya dengan perhitungan akuntansi biasa...hehehe...

Sebenarnya berlaku juga untuk semua kreasi handmade. Jangan pernah menilai handmade hanya dari bahan dasarnya yang murah. Tapi nilailah dari tingkat kesulitan, keunikan, kerapian dan kesukaan kita terhadap hasil handmade tersebut :)

Selamat berkreasi teman-temanku...teruslah asa ketrampilan supaya kita tetap bisa menghasilkan karya-karya yang menarik sehingga orang lain bisa menghargai hasil karya kita juga ^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar