.quickedit{ display:none; }
dari Devy oleh Devy untuk teman-teman ^_^

Kamis, 26 Juni 2014

Tips Menyiasati Kompetitor

Dalam dunia usaha kita tidak bisa menghindari yang namanya kompetitor atau pesaing. Tidak perlu fobia dengan mereka, ambil positifnya saja bahwa dengan adanya kompetitor seharusnya bisa memacu kreatifitas dan keseriusan kita untuk tetap fokus dalam bisnis yang kita geluti.

Akhir-akhir ini saya sering mendapat sms, pertemanan baru via BBM dan FB yang ternyata mereka adalah kompetitor selundupan. Mengapa saya sebut selundupan? Iya, karena mereka bertanya seolah-olah mereka mau pesan kreasi saya. Bahkan setiap saya pasang foto-foto kreasi terbaru saya mereka akan bertanya detail mulai harga, ukuran, dll. Saya pribadi tidak pernah gentar dengan kompetitor karena prinsip saya mereka tidak akan pernah bisa meniru persis kreasi saya karena tangan kami berbeda, kreatifitas kami berbeda dan passion kami berbeda. Alasan lainnya, saya punya ciri khas yang tidak bisa mereka tiru dan lokasi kami yang berbeda membuat sumber daya dan pangsa pasar saya juga tidak mungkin bisa dibajak dengan mudah.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam menghadapi kompetitor, saya ingin berbagi beberapa tips untuk menyiasati kompetitor, antara lain:

1. Jangan galak
Cari info balik dari mereka terutama untuk hal yang merupakan kekurangan dari bisnis Anda

2. Belajar
Pelajari kelebihan mereka dari berbagai sumber agar ilmu Anda lebih baik dari mereka

3. Kreatif
Beri sentuhan kreatifitas Anda sehingga hasil akhirnya tetap menunjukkan ciri khas Anda

4. Jiwa besar 
Jangan takut untuk berbagi ilmu/info dengan mereka sejauh itu bukan rahasia bisnis Anda 

5. Fokus
Tetap fokus di bidang Anda, jangan terpancing dengan kelebihan mereka yang bukan bidang Anda

Semoga bermanfaat ya...tetaplah berkompetisi dengan sehat dan cerdas ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar